Pengertian Resep Masakan

Resep masakan yaitu takaran yang digunakan untuk membuat masakan (makanan & minuman) yang telah teruji ke akuratannya. Selain menyiapkan bahan, dalam resep masakan juga tersedia keterangan dan panduan seputar cara mengolah bahan-bahan yang akan dimasak, serta keterangan tentang cara menyajikan hasil masakan tersebut.

Ada berberapa penyebab yang harus diketahui oleh seorang koki ketika mengkreasikan sebuah resep masakan. Salah satu yang terpopuler ialah resep masakan ayam yang memang banyak sekali penggemarnya.

1.Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum masakan yang dibuat mencapai titik basi / rusak.
2.Jumlah kalori yang akan dihasilkan dalam setiap masakan.
3.Durasi yang dibutuhkan untuk memasak makanan.
4.Media untuk menyajikan hasil masakan.

Kadang, alat yang dibutuhkan tidak tertulis secara langsung melainkan ada pada bagian Cara Memasak. Contoh Kocok telur lalu tuang ke penggorengan yang sudah dipanaskan berarti kita perlu pengocok telur, penggorengan dan kompor.

Di zaman dahulu, resep-resep juga beredar dengan cara lisan sehingga beberapa bagian di atas juga hilang dan terkadang menimbulkan variasi masakan. Sebagian orang juga hanya menggunakan resep sebagai acuan dan ia memberikan variasi sendiri seperti pada komposisi dan cara memasak serta pelengkapnya.